Sabtu, 06 November 2010

Musik Nusantara

Musik anak
Tahu nggak sih? musik bisa meningkatkan kecerdasan dan membuat anak jadi kreatif. Dengan musik, ia akan terlatih peka terhadap bunyi, hingga mampu menyelaraskan irama musik dengan gerakan tubuh. Terlebih bila vokalnya juga dilatih dengan baik, maka akan melatih anak memiliki suara yang merdu. Selain itu, anak juga mampu mengendalikan emosinya karena ia bisa mencurahkan perasaannya lewat musik dan lagu. Tentu saja, musik itu bisa membuat anak sehat dan cerdas lho. Banyak orang bilang, mengajarkan anak bernyanyi serta pandai bernyanyi merupakan salah satu modal dalam mendidik anak agar lebih kreatif dan berkualitas. Lagu-lagu anak sejatinya harus mendidik dan membuat si anak jadi cerdas dan kreatif. Nah, kita perlu mengenalkan lagu-lagu anak, itu akan lebih baik, sebab dewasa ini, anak-anak sudah cenderung menyanyikan lagu-lagu orang dewasa, misalnya tentang perselingkuhan, kesedihan asmara, kemarahan, dan lain-lain…gawat kan?
Berikut ini ciri-ciri musik anak:
1. Tema disesuaikan jiwa anak-anak.
2. Bahasa yang sederhana.
3. Tidak perlu menggunakan kiasan.
4. Jumlah nada tidak lebih dari 10 nada.
5. Rentang nada tidak perlu jauh.
Kalau menurutku sich musik anak sangat penting untuk menumbuhkan kreatifitas seorang anak. Kalau menurut anda bagaimana???

Musik Daerah
Musik daerah menggambarkan kehidupan masyarakat setempat secara umum.
Sifat-sifat musik daerah dibagi menjadi 2 bagian, yaitu:
1. Sifat umum musik daerah yaitu lagu itu bisa dinyanyikan pada siapa saja dan kapan saja.
2. Sifat khusus musik daerah yaitu lagu itu hanyadimainkan pada upacara adat tertentu dan dibatasi siapa yang
    menyanyikan
Lagu daerah, adalah lagu atau musik yang berasal dari suatu daerah tertentu dan menjadi populer dinyanyikan baik oleh rakyat daerah tersebut maupun rakyat lainnya. Pada umumnya pencipta lagu daerah ini tidak diketahui lagi alias noname.
Dari beberapa contoh lagu daerah antara lai sebagai berikut:
1. Suwe Ora Jamu (Yogyakarta)
2. Gundul-gundul pacul (Jawa Tengah)
3. Ampar-Ampar Pisang (Kalimantan Selatan)
4. Anak Kambing Saya (NTT)
5. Apuse (Irian Jaya), dsb.
Menurutku musik daerah adalah musik yang menggambarkan sifat kedaerahan pada daerah tertentu.


Musik Perjuangan
Pada masa Revolusi Kemerdekaan Indonesia, komponis pejuang Indonesia turut berperan dalam perjuangan kemerdekaan dengan menciptakan komposisi lagu yang disebut dengan lagu-lagu perjuangan. Lagu-lagu perjuangan dapat membangkitkan semangat juang untuk membela tanah air, misalanya lagu-lagu yang sudah ditetapkan sebagai lagu-lagu wajib Nasional. Musik Perjuangan digunakan untuk menanamkan rasa nasionalisme. 
Ciri-Ciri lagu perjuangan:
  • kebanyakan diciptakan pada masa perjuangan sekitar tahun 1945 – 1950
  • Syair lagu biasanya dapat membangkitkan semangat perjuangan.

Bentuk komposisi lagu perjuangan ada dua macam, yakni lagu perjuangan dengan semangat berkobar (bentuk Mars), dan lagu-lagu yang menyentuh perasaan (bentuk Hymne).

Bentuk lagu MARS

Mars atau sering disebut Marcia merupakan bentuk lagu yang biasanya digunakan untuk mengiringi parade atau prosesi. Dan sering juga lagu bentuk mars dapat digunakan untuk gerak jalan, seperti pada drum band atau marching band. Pada lagu mars, birama dapat bervariasi antara lain dari 2/4, 4/4, atau 6/8 dengan aksen pada tiap ketukan. Karena bentuk dan irama permainannya, maka lagu mars menjadi sebuah lagu yang cenderung bersifat memberi semangat, riang dan menghentak-hentak.

Contoh lagu perjuangan yang berbentuk mars antara lain, Indonesia Raya, Maju Tak gentar, Halo-Halo Bandung, dan lain sebagainya.

Bentuk lagu Hymne

Hymne atau gita puja adalah sejenis nyanyian pujaan, biasanya pujaan ditujukan untuk Tuhan atau Dewa. Selain sebagai pujaan hymne juga sebagai bentuk lagu untuk mendoakan, memberi kesan agung, atau pun rasa syukur yang disampaikan dalam bentuk lagu. Kata "hymne" sendiri diserap dari bahasa Yunani μνος/ hymnos "gita puja", yang berasal dari akar kata Proto-Indo-Eropa *sh2em- "menyanyi" dan berkerabat dengan kata Hitit amai "ia menyanyi" dan Sansekerta sāman "nyanyian".

Contoh lagu perjuangan yang berbentuk hymne antara lain, Syukur, Gugur Bunga, Mengheningkan Cipta dan lain sebagainya.

Catatan : Hymnology adalah ilmu yang mempelajari sejarah, sastra, musik, teologia, dan latar belakang penulisan lagu dan pencipta lagu himne.
http://musikalfian.blogspot.com/2008/08/musik-perjuangan.html

              Menurutku musik perjuangan adalah musik yang menumbuhkan semangat kepahlawanan bagi jiwa-jiwa yang lemah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar